Cara Mencari Ide untuk Menulis Kreatif (PART-1)

Cara Mencari Ide untuk Menulis Kreatif

(PART-1)




1. mencari inspirasi dari cerita yang sudah ada

    

Banyak-banyaklah membaca. Penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Dengan begitu, Anda bisa mengikuti tren dalam bidang tulisan yang ditekuni, bisa melihat contoh gaya tulisan penulis lain, sekaligus bisa menemukan ide cerita dari bahan yang Anda baca; baik itu di koran, majalan, buku, atau di internet.
  • Karya-karya fiksi lain juga bisa dijadikan inspirasi untuk cerita. Kaum intelektual telah mengungkap pengaruh legenda Amleth dari Scandinavia dan kisah Romawi Brutus pada “Hamlet.”
  • Anda juga bisa mengambil dasar ide tulisan kreatif dari kutipan. Ada sebuah episode “Star Trek” klasik yang berjudul The Conscience of the King (Nurani Sang Raja). Kisahnya tentang mantan diktator yang ingin menebus dosa masa lalu dengan memimpin sebuah kelompok akting. Ternyata judul episode ini diambil dari dialog di dalam “Hamlet”: The play's the thing wherein I'll catch the conscience of the king (Drama itulah yang akan menyadarkan nurani sang Raja).

Perhatikan peristiwa yang sedang hangat. Jika pembaca menyadari kaitan antara kisah yang Anda tulis dengan peristiwa pada kehidupan sehari-hari, kemungkinan mereka akan lebih berempati dengan karakter yang Anda buat dan lebih menghargai ceritanya.
  • Membaca koran, majalah baru, atau situs web baru secara teratur akan memberi Anda ide cerita yang terus mengalir dalam bentuk berita utama. Banyak episode serial Law and Order yang didasarkan pada berita utama kontemporer.Sejumlah cendikiawan Inggris dan ahli sejarah berpendapat bahwa “Hamlet” karya Shakespeare terinspirasi dari kehidupan Raja James I.Anda harus mengubah beberapa elemen di dalam kisah nyata untuk membuat versi fiksinya, agar tidak mempermalukan pelaku sesungguhnya.

Tonton film atau TV. Kalau Anda menulis untuk pembaca populer, tontonlah apa yang sedang populer di layar lebar atau layar televisi. Pikirkan topik bergenre sama sebagai film atau acara populer yang seperti itu.

Dengarkan musik. Musisi biasanya menulis dari pengalaman sehari-hari atau dari tema klasik. Bangunlah cerita dari lagu favorit Anda. Dengarkanlah lagu Tupac dan tulis tentang kekerasan geng. Dengarkanlah lagu Joni Mitchell dan tulis tentang masalah lingkungan. Dengarkan saja segala jenis musik walaupun itu bukan genre yang Anda sukai.


Lakukan riset. Kalau Anda tertarik untuk menulis sebuah subjek, pelajari subjek tersebut lebih jauh. Anda mungkin akan menemukan detail menarik yang bisa membentuk inti dari seluruh tulisan kreatif itu.
  • Bukalah kamus, ensiklopedia, bahkan tesaurus. Bisa jadi Anda terantuk dengan sebuah kata, ide, atau peristiwa yang bisa melecutkan imajinasi.

tunggu kelanjutannya yaa..... :) masih ada 2 cara lagi yang akan myria bagikan kepada teman-teman
Cara Mencari Ide untuk Menulis Kreatif (PART-1) Reviewed by Reativ Publisher on September 02, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Reativ Publisher Penerbit Dan Percetakan Buku Terpercaya © 2015 - 2018
© 2018. All Rights Reserved. Shared by Reativ

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.